Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perkaya literasi generasi muda, Aprinaldi Rangkul SMSI

10 Oktober 2024 | 10.10.24 WIB Last Updated 2024-10-10T06:39:10Z



Pariaman - Ketua DPRD Padangpariaman, Dr (Can) Aprinaldi, S.Pd, M.Pd, AIFO berharap Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Pariaman memberikan edukasi dan pendidikan literasi ke sekolah-sekolah yang ada di Padangpariaman.


Menurutnya, pada 2024 ini Indonesia berada di peringkat ke-100 dari 208 negara untuk literasi dengan skor 95,44%. Posisi Indonesia ini kalah dari negara-negara Asia Tenggara lain, seperti Filipina di posisi ke-88, Brunei di posisi 86, dan Singapura di posisi 84.


Kondisi ini sangat memprihatinkan, dan diperlukan langkah antisipatif untuk meningkatkan budaya literasi, setidaknya di Sumatera Barat, khususnya Padangpariaman.


"Peran SMSI sangat diharapkan dalam hal ini dengan memberikan pelatihan jurnalistik dan meningkatkan minat baca generasi muda di Padangpariaman. Apalagi SMSI adalah organisasi serikat media terbesar yang terdaftar di Dewan Pers Indonesia," ungkap Aprinaldi saat bersilaturahmi dengan pengurus SMSI Pariaman di Kantor DPRD Padangpariaman, Kamis (10/10/2024).


Bahkan menurut mantan Ketua KONI Padangpariaman itu, DPRD siap menganggarkan pokok pikiran (pokir) untuk kegiatan tersebut.


"Wartawan, pemilik media di SMSI merupakan penulis berpengalaman yang tulisannya ditunggu-tunggu pembaca. Nanti bisa merangkul OSIS untuk road to school memberikan pelatihan dasar jurnalistik sekaligus memberikan edukasi untuk meningkatkan minat baca dan menulis para siswa tingkat SMA sederajat," terang mantan Ketua BEM UNP Padang itu.


Selain itu, sambung pria kelahiran 1983 ini, SMSI melalui pemberitaan media bisa memberikan edukasi, menyajikan berita beragam, seperti cerpen dan konten menarik lainnya.


Dan yang tidak kalah pentingnya, sambung Aprinaldi, di momen Pilkada saat ini, tulisan wartawan di media diharapkan juga membawa angin sejuk dan mendinginkan suhu politik agar terciptanya slogan Pilkada Badunsanak.


"Momentum Pilkada akan ada saja riak-riak. Kami berharap kepada kawan-kawan di SMSI memberikan sitawa-sidingin, tanpa mengesampingkan peran media untuk kontrol sosial dan kritikan membangun," pungkasnya.


Silaturahmi SMSI dengan Ketua DPRD Padangpariaman berlangsung di ruang Komisi IV DPRD. Dari SMSI hadir Ketua Penasehat SMSI, Oyong Liza Piliang, Ketua Umum SMSI, Ikhlas Darma Murya, beserta ketua-ketua bidang SMSI Pariaman. (OLP)

 

×
Berita Terbaru Update