Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Turunkan indeks korupsi, Suhatri Bur terima Platinum Award

5 September 2024 | 5.9.24 WIB Last Updated 2024-09-05T12:29:24Z

Jakarta - Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur menerima penghargaan bergengsi kategori platinum yang hanya diterima empat kepala daerah dari 530 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, Jakarta (5/9/2024).

Empat kabupaten yang menerima penghargaan dari Indonesian Institut for Publik Governance ( IIPG) itu, adalah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Badung , Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Padangpariaman.

Penerimaan award tersebut bahkan didukung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara, lalu IICD, PT. Citra Negeri Amanah, KAKI, Prodia, LKBN Antara. 

Dewan Pembina IIPG, Boediono mengatakan Indeks Persepsi Anti Korupsi (IPAK) dari data BPS, indeks IPAK Indonesia saat ini berada di posisi nomor 115 dari 180 negara. Sehingga diperlukan langkah strategis dan terukur untuk menurunkan indeksnya.

"Sehingga peningkatan sumber daya manusia atau governensi harus ditingkatkan," kata mantan wapres era SBY itu.

Di saat yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada Bupati Suhatri Bur dan bupati di tiga kabupaten lainnya, harus memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Digitalisasi penyelenggaraan pemerintahan, membaktikan perekonomian, indek persepsi korupsi menurun," kata mantan Bupati Banyuwangi itu.

Pemerintah sendiri, kata dia, sudah membuat sebanyak 27 ribu aplikasi tidak terhubung dan digitalisasi terintegrasi untuk manajemen pemerintahan yang lebih baik sesuai dengan Perpres nomor 80 tahun 2024 Tentang Reformasi Birokrasi dan Digitalisasi Sistem Manajemen Pemerintahan.

"Perpres tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi aplikasi karena digitalisasi bukan berarti menambah aplikasi," sebutnya.

Selain itu, Ketua IiPC, Sigit Pramono dan Penasehat IIPG, Rudiantara mengatakan anugerah platinum diberikan kepada kepala daerah yang berhasil dalam tata kelola governensi dan pelayanan publik yang baik. 

"Kita mendorong bagi seluruh daerah yang inovatif," katanya.

Selain itu, dengan digitalisasi akan mendukung pencatatan sipil dan administrasi dan keuangan daerah. (OLP)

×
Berita Terbaru Update