Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Didaftarkan PAN ke KPU, Mardison pastikan kader Golkar solid mendukungnya

29 Agustus 2024 | 29.8.24 WIB Last Updated 2024-08-29T13:39:14Z


Pariaman - Ratusan pendukung antarkan bakal pasangan calon (Paslon) walikota dan wakil walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin (MM) - Bahrul Anif (BA) ke Kantor KPU Kota Pariaman. 


Paslon bertolak dari Kantor DPD PAN Kota Pariaman di Kelurahan Alai Gelombang, Pariaman Tengah, Kamis (29/8/2024).


Sebelum ke kantor KPU, Mardison - Bahrul Anif bersama pendukung melakukan konvoi mengitari Kota Pariaman. Tepat pukul 17.30 WIB, rombongan sampai di kantor KPU Kota Pariaman di Desa Air Santok Pariaman Timur.


Usai penyerahan berkas pendaftaran di KPU, Mardison mengatakan pihaknya diusung oleh PAN dan didukung lima parpol non parlemen. 


Ketua DPD Partai Golkar Kota Pariaman empat periode itu mengaku sampai saat ini ia masih ketua DPD Golkar meski Partai Golkar sudah resmi mengusung Paslon Genius Umar (GU) - M Ridwan.


"Saya masih Ketua Golkar dan saya tidak diberhentikan dari Golkar," kata Mardison.


Meski demikian, ia menerima kondisi tersebut demi menjaga tensi politik agar tidak saling sikut antar pendukung.


Sebagai ketua partai, sambung Mardison, seluruh kader partai berlogo beringin itu akan tetap solid mendukungnya.


"Seluruh kader Golkar mendukung Mardison - Bahrul Anif. Biarkan partai diambil orang lain," tegasnya.


Mardison juga membantah rumor yang beredar saat ini akan adanya Pelaksana Tugas Ketua DPD Golkar Kota Pariaman menggantikan dirinya untuk memenangkan paslon GU - M Ridwan.


"Itu tidak benar. Yang benar DPD Golkar menunjuk salah seorang wakil ketua melalui surat perintah untuk keperluan pendaftaran GU-M Ridwan," ucap dia.


****


Sebagai partai pengusung, PAN sudah mencukupi untuk mendaftarkan satu pasang calon, dengan perolehan 6.668 suara. Sementara syarat minimal pendaftaran untuk Pilkada Pariaman - sesuai Keputusan Mahkamah Konstitusi - berjumlah 5.499 suara, atau setara 10 persen suara sah Pemilu Legislatif 14 Februari lalu.


Selain itu, Mardison - Bahrul Anif juga didukung lima parpol non parlemen, yakni Partai Gelora, Ummat, Garuda, Masyumi dan Perindo.


Sementara itu, Ketua KPU Kota Pariaman, Ali Unan menyatakan ketiga paslon yang sudah mendaftar ke KPU telah memenuhi syarat administrasi.


"Sudah tiga Paslon mendaftar ke KPU Kota Pariaman, dan semuanya memenuhi syarat," kata Ali Unan.


Selanjutnya KPU Kota Pariaman menjadwalkan pemeriksaan kesehatan paslon pada  30 Agustus hingga 2 September 2024 di Rumah Sakit Universitas Andalas di Padang. 


"Kami meminta setiap Paslon berpuasa 10 jam sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas medis nantinya," tandasnya.


Pilkada Kota Pariaman bersamaan dengan Pilkada Serentak yang akan diikuti 545 daerah di seluruh Indonesia pada 27 November 2024. Dengan rincian 37 provinsi, 415 kabupaten, dan 93 kota. 


KPU sendiri membuka pendaftaran Paslon mulai dari tanggal 27 hingga 29 Agustus 2024. Tahapan Penetapan Paslon pada 22 September 2024, dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut pada 23 September. (OLP)


×
Berita Terbaru Update