Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Prosesi maarak jari-jari Tabuik berlangsung meriah

16 Juli 2024 | 16.7.24 WIB Last Updated 2024-07-16T01:10:25Z

Pariaman - Rangkaian prosesi Hoyak Tabuik Piaman 2024 memasuki ritus Maarak Jari-jari yang dilaksanakan pada Minggu malam (14/7). Acara ini sebagaimana tahun sebelumnya, berlangsung meriah.

Arak-arakan tersebut berlangsung di Simpang Tugu Tabuik Pariaman. Ribuan pengunjung antusias menyaksikan pertunjukan gandang tasa dari kedua anak tabuik yakni Tabuik Subarang dan Tabuik Pasa. Gandang tasa yang dimainkan kedua kelompok anak nagari tabuik tersebut membuat semakin meriah dan warga yang melihat ikut senang dan terhibur.

"Rangkaian kegiatan Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 hari ini ialah Prosesi Maarak Jari-jari, yang dilaksanakan bertepatan dengan 7 Muharam 1446 H," ujar Ketua Pelaksana Tabuik Pariaman 2024, Firman Syakri Pribadi kepada Tim Media Center Pariaman, Mingggu (14/7/2024). 

Firman Syakri Pribadi yang kerap disapa Ajo Fe mengungkapkan bahwa Prosesi Maarak Jari-jari merupakan dimana kedua kelompok mengarak replika jari-jari dengan memainkan gandang tasa dan tabuik yang berukuran kecil. Puncaknya terjadi perselisihan atau basalisiah antara anak nagari Tabuik Pasa dengan anak nagari Tabuik Subarang.

"Prosesi Maarak Jari-jari ini berlangsung setelah maghrib. Namun, sebelumnya kedua anak tabuik baik dari Tabuik Pasa maupun Tabuik Subarang sudah bersiap-siap dari kedua rumah tabuik tersebut dengan perlengkapannya masing-masing untuk menuju Tugu Tabuik, tempat berkumpulnya atau basilisih antara dua anak nagari tabuik tersebut," ulasnya.

Setelah Prosesi Maarak jari-jari, tambah Ajo Fe, prosesi selanjutnya adalah Maarak Sarabon, Tabuik Naik Pangkek dan Puncak Pesona Budaya Tabuik atau Tabuik dibuang ke laut yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Juli 2024 mendatang.

Ia berharap, semoga gelaran event Pesona Budaya Tabuik Piaman tahun ini dapat menambah kunjungan wisatawan baik nasional maupun internasional. (Rika)
×
Berita Terbaru Update