Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Hoyak Tabuik, seluruh penginapan di Pariaman penuh

16 Juli 2024 | 16.7.24 WIB Last Updated 2024-07-26T15:23:58Z

Pariaman -  Penginapan di Kota Pariaman, dilaporkan penuh menjelang pelaksanaan Pesona Tabuik Piaman 2024, karena dipesan oleh wisatawan yang ingin menyaksikan puncak kegiatan budaya dan wisata tahunan di daerah ini.


"90 persen kamar homestay dan hotel sudah dipesan wisatawan, itu kami konfirmasi minggu lalu," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Ferialdi, di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan sebagian besar wisatawan yang memesan tersebut berasal dari Riau, lalu disusul Jakarta dan Jambi, dengan durasi menginap rata-rata dua malam yaitu Sabtu dan Minggu.

Dia menyampaikan berdasarkan laporan dari pengusaha penginapan di Pariaman, wisatawan yang memesan kamar tersebut ada yang akan tiba di Pariaman menggunakan sejumlah bus secara bersamaan.

Ia menyebutkan, saat ini Pariaman baru memiliki 26 unit homestay dan empat hotel dengan jumlah kamar mencapai ratusan unit.

Diketahui hotel-hotel di Pariaman dipenuhi wisatawan ketika dilaksanakan kegiatan wisata, di antaranya Tabuik, kegiatan olahraga, serta libur Lebaran.

Ferialdi berharap dengan dilaksanakannya Tabuik dan kegiatan lainnya yang dapat mendatangkan banyak wisatawan dapat berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dan menumbuhkan usaha penginapan atau perhotelan di daerah itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman merangkul pengusaha penginapan yang ada di daerah tersebut untuk menyukseskan pelaksanaan Pesona Tabuik Piaman 2024, agar kegiatan budaya dan wisata tersebut berdampak besar untuk peningkatan perekonomian masyarakat di daerah itu.

“Keberadaan 'homestay' (penginapan) sangat penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Kota Pariaman. Untuk itu kami mengajak para pengusaha 'homestay' agar terus semangat dalam promosikan daerah, apalagi pada Juli nanti kami akan mengadakan 'event' (kegiatan) besar," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman.

Ia mengatakan dalam mempromosikan kegiatan tahunan tersebut, Pemkot Pariaman meminta pengusaha penginapan menyamakan tema kegiatan agar tidak menimbulkan kebingungan dari wisatawan, sehingga kunjungan ke daerah itu lebih satu hari.

Hal tersebut, katanya lagi, karena Pesona Tabuik Piaman 2024 dilaksanakan berbagai kegiatan selama 15 hari yaitu mulai dari 7 sampai 21 Juli yang tentunya sayang dilewati oleh para wisatawan.


×
Berita Terbaru Update