Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

[Hoyak Tabuik] Makna mengambil tanah ke dasar Sungai

8 Juli 2024 | 8.7.24 WIB Last Updated 2024-07-08T03:14:43Z

Pariaman - Bertepatan dengan 1 Muharam 1446 Hijriyah, Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 dimulai. Ditandai dengan Prosesi "Maambiak Tanah", yang merupakan prosesi awal.

Maambiak Tanah (mengambil tanah) dilaksanakan di dua tempat. Tabuik Subarang di aliran sungai Batang Piaman di Desa Pauh Timur, sementara Tabuik Pasa di aliran sungai kecil di Kelurahan Alai Galombang yang sama-sama berada di Kecamatan Pariaman Tengah.

"Maambiak Tanah" adalah prosesi mengambil tanah dari dasar sungai dengan cara menyelam. Artinya, seluruh tubuh masuk ke dalam sungai. 

Setelah menyelam langsung mengambil tanah yang ada di dalam dasar sungai, selanjutnya tanah dimasukkan ke dalam belangga dan dibungkus dengan kain putih, lalu diletakkan di dalam baki yang telah disediakan.

Setelah itu, tanah yang diletakkan di dalam baki, diarak menuju rumah tabuik masing-masing dengan nyala obor atau lentera yang dibawa oleh anak Tabuik untuk diletakan di Daraga yang telah dibuat di masing-masing rumah tabuik.

Prosesi Maambiak Tanah sendiri, melambangkan manusia berasal dari tanah dan akan dikembalikan ke tanah dan melambangkan kesucian manusia.

Ketua Tabuik Pasa, Indra Jaya mengatakan rangkaian acara Tabuik dimulai pada Minggu 1 Juli 2024, dengan prosesi maambiak tanah, sampai nanti puncaknya prosesi Tabuik Naik Pangkek, Hoyak Tabuik dan Tabuik dibuang ke laut pada tanggal 21 Juli 2024 mendatang, (1 Muharram - 15 Muharram 1446 H. (*)


×
Berita Terbaru Update