Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

GU-Ridwan sah! YB-Mulyadi matang! MM tunggu lastminute

29 Juni 2024 | 29.6.24 WIB Last Updated 2024-06-29T12:25:47Z

Pariaman - Politisi Golkar, Riza Saputra mengatakan Ketua DPD Partai Golkar Pariaman, Mardison Mahyuddin (MM) punya strategi tersendiri menghadapi Pilkada Pariaman.

Pengumuman calon walikota dan wakil walikota yang diusung Golkar, kata Riza, akan dilakukan pada lastminute karena bagian dari strategi politik partai berlambang beringin itu.


Riza menyatakan hingga saat ini pendukung Golkar sangat solid menghadapi Pilkada. Dia juga menegaskan para pendukung tetap melakukan sosialisasi ke akar rumput.

"Baik kader Golkar maupun simpatisan tetap turun ke akar rumput mensosialisasikan program Golkar dan Pak Mardison selaku bakal calon walikota. Tim sangat solid," kata Riza di Pariaman, Sabtu (29/6).

Sampai saat ini, sambung dia, ada tiga partai yang kemungkinan akan berkoalisi dengan Golkar. Di antaranya dengan PAN, Gerindra dan Demokrat.

Terpisah, mantan wakil walikota Pariaman sekaligus bakal calon walikota, Mardison Mahyuddin mengatakan secara prinsip pihaknya telah menerima rekomendasi Partai Golkar sebagai calon walikota Pariaman periode 2025-2030. 

Oleh Partai Golkar, kata Mardison, rekomendasi tersebut akan diumumkan pada pertengahan Juli 2024 mendatang dan serentak untuk seluruh calon Cakada di seluruh Indonesia.

Sebagaimana diketahui, bangunan koalisi Golkar sendiri agak unik pasca Pilpres mengingat adanya patron melanjutkan Koalisi Indonesia Maju sampai ke tingkat daerah.

Hal tersebut, imbuh Mardison, membuat bangunan koalisi Golkar mesti matang betul sebelum diumumkan ke publik.

Koalisi dan Mardison sendiri baru akan mengumumkan calon wakil di lastminute. 

"Pengumuman di lastminute ini bagian dari strategi yang dibangun koalisi Partai Golkar," kata Mardison.

Di lain pihak, PKS dan PBB telah membangun koalisi matang mengusung calon petahana Genius Umar (GU) dan M Ridwan. 

Politisi PKS, M Ridwan bahkan mengatakan SK Rekomendasi PKS untuk pasangan Genius Umar - M Ridwan akan diserahkan hari ini, Sabtu 29 Juni 2024 di Hotel Grand Zuri Padang pukul 16.00 WIB.

Hal yang sama juga berlaku untuk bakal pasangan calon Yota Balad (YB) - Mulyadi. Pasangan ini akan diusung oleh koalisi PPP dan Partai NasDem.

Tokoh masyarakat sekaligus politisi senior Pariaman, Edison TRD berharap Pilkada Pariaman berjalan aman dan lancar. Berapa pasang pun Paslon, kata pengusaha properti ini, agar menjadikan Pilkada Pariaman contoh Pilkada badunsanak di Sumatera Barat 

Ia mencontohkan Pilkada Pariaman 2013 diikuti tujuh Paslon yang berjalan aman dan damai.

"Dinamika tetap ada, namun filosofi Batabuik Piaman, Tabuik tabuang, semuanya bersatu kembali," kata anggota DPRD Kota Pariaman ini.

Untuk diketahui, Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024 di seluruh Indonesia. 

Untuk Pilkada Pariaman, guna mengusung satu pasangan calon dibutuhkan perolehan empat kursi DPRD hasil Pileg 14 Februari 2024 lalu.

Para Paslon yang memenuhi syarat dukungan dari Parpol, sesuai jadwal, akan mendaftarkan diri ke KPU pada 27 Agustus 2024. (OLP)
×
Berita Terbaru Update