Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KPU Bintan gelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024

23 Desember 2023 | 23.12.23 WIB Last Updated 2023-12-23T11:09:56Z

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Bintan, Wan Rudi Iskandar saat mengikuti simulasi pemungutan suara (Foto: Nanda)

Bintan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan menggelar simulasi pemungutan, penghitungan dan penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (SIREKAP) Pemilu 2024 yang berlangsung di GOR Kantor Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, Sabtu (23/12).


Simulasi ini melibatkan petugas pemilihan dan calon pemilih di TPS 02 Kelurahan Toapaya Asri. 


Ketua KPU Kabupaten Bintan, Haris Daulay mengatakan simulasi itu bertujuan untuk memberikan penguatan kepada petugas dalam penyelenggaraan pemungutan, penghitungan sekaligus penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi.


"Petugas yang kita hadirkan ini tujuannya agar mereka lebih memahami konteks regulasi, yang sebelumnya mereka ini sudah di bimtek. Jadi aktualisasi pemahaman bimtek itu bisa dilihat dari pelaksanaan ini, jika pelaksanaan (simulasi) lancar, maka bimtek yang telah dilakukan itu berhasil," kata Haris.


Selain itu, simulasi ini, lanjut Haris bertujuan untuk memitigasi kendala yang dialami pemilih dan petugas saat pemungutan dan penghitungan suara.  


"Karena simulasi ini kita juga mengundang pemilih ril yang kemudian tidak kita briefing. Tujuannya tidak di briefing ini agar proses pemungutan suaranya langsung secara alamiah. Dari simulasi ini kita akan melihat di titik mana atau di tahapan mana mereka (pemilih) itu ada kesulitan," imbuhnya.


Haris menambahkan pihaknya juga mencatat durasi waktu yang digunakan dalam pelayanan kepada pemilih saat pemungutan suara.


"Kami sudah coba hitung dari beberapa pemilih yang masuk ini, ada yang kemudian masuk mencoblos itu, ada yang lima menit, ada yang 6 menit, bahkan ada yang 10 menit satu orang pemilih di TPS. Maka jika ini terjadi, maka waktu yang cukup banyak untuk 300 orang pemilih maksimal di TPS," katanya.


Simulasi juga dihadiri Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Bintan, Wan Rudi Iskandar, Kabag OPS Polres Bintan, AKP Monang P Silalahi, Pasi OPS Kodim 0315/Tanjungpinang, Kapten Inf. Maswendra, Kasi Intel Kejari Bintan, Syamsul Sahubawa, pejabat Bakesbangpol Bintan dan perwakilan partai politik peserta pemilu Bintan. (Nanda)

×
Berita Terbaru Update