Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Roberia tegaskan Sulaman Kapalo Penitik asli asal Kota Pariaman

12 November 2023 | 12.11.23 WIB Last Updated 2023-11-12T12:34:10Z

 


Pariaman - Sebanyak 15 Desainer Kota Pariaman ikuti lomba desain Baju Kurung Sulaman Kapalo Penitik tingkat Kota Pariaman di Pentas Utama Pantai Gandoriah, Sabtu (11/11). 


Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Walikota Pariaman, Roberia mengatakan bahwa kerajinan Sulaman Kapalo Panitik merupakan salah satu kerajinan khas Pariaman.


“Semoga untuk ke depannya penamaan kapalo penitik tidak berubah menjadi kepala peniti karena ini merupakan ciri khas Minang,” ungkapnya.


Selain itu, lanjut Roberia acara itu juga makin meyemarakkan pariwisata Kota Pariaman sekaligus kekayaan intelektual Kota Pariaman.


Dikatakannya Sulaman Kapalo Penitik secara subtansi kekhasan Kota Pariaman. Tenaga ahli dari Kemenkum dan Ham juga sudah mengakui khas indikasi geografis Kota Pariaman.


“Namun, untuk resminya tentu ada proses. Semoga semua jajaran dari Pemerintah Kota Pariaman semangat untuk menyegerakan supaya keluar sertifikat kekayan intelektual yang khas geografinya Kota Pariaman. Kalau sudah keluar sertifikat, jika ada daerah lain yang meniru maka daerah tersebut harus membayar uang ke Pariaman,” imbuhnya. 


Lomba desain Baju Kurung Sulaman Kapalo Penitik ini merupakan Pokok Pikiran (Pokir) dari ketua DPRD Kota Pariaman, Harpen Agus Bulyandi. Roberia berharap pokir- pokir dewan yang seperti itu banyak lagi untuk Kota Pariaman.


"Ke depan hasil dari Baju Kuruang Sulaman Kapalo Penitik ini akan menjadi karya-karya yang mendorong pertumbuhan ekonomi. Insya Allah ASN Kota Pariaman memakai sulaman Kapalo Penitik ini nantinya setiap minggu. (Rika)

×
Berita Terbaru Update