Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Yulius Danil kembali berangkatkan 5 pelajar kuliah sambil kerja di Jepang

5 Oktober 2023 | 5.10.23 WIB Last Updated 2023-10-05T11:26:32Z

 


Pariamantoday.com, Pariaman - Yayasan Padang Nihon Go Gaikun Kota Pariaman kembali mengirimkan lima orang pelajar dengan visa student ke Hotsuma Internasional School di Osaka Jepang, Kamis (5/10) di Pariaman.


Sebelumnya, yayasan yang bergerak di bidang pendidikan bahasa Jepang dan bahasa Inggris gratis pimpinan mantan Ketua DPRD Padangpariaman, Yulius Danil ini telah mengirim 10 pelajar lebih dulu ke Jepang dan 1 orang ke Amerika Serikat di tahun 2023 ini.


Yulius Danil mengatakan, Nihon Padang Go Gaikun berdiri sejak tahun 1993 di Padang dan baru beroperasi di Kota Pariaman pada 2022. Sejak di Pariaman, pihak yayasan berkomitmen mengirimkan sebanyak-banyaknya pelajar yang ingin kuliah sambil kerja di Jepang.

Namun, imbuh Yulius Danil, dengan keterbatasan anggaran milik yayasan, pihaknya saat ini baru bisa menargetkan kirim 15 pelajar ke luar negeri per tahunnya. Padahal pihak yayasan sudah menjalin kerjasama dengan 4 lembaga antarnegara di Jepang dan Amerika Serikat.

"10 pelajar yang kita kirim kuliah di Jepang dulu bahkan sudah bisa mengirimkan uang ke Indonesia karena selain kuliah mereka juga bekerja di Jepang," terang Yulius Danil.

Hebatnya, sebelum memberangkatkan pelajar ke Jepang, pihak yayasan  membekali pelajar ilmu terapan agar mudah mencari kerja di luar negeri. Pekerjaan yang disasar juga bukan kerjaan kasar atau fisik.

"Di Jepang mereka bisa menjadi guru les bahasa Inggris dan bahasa China karena sebelum berangkat mereka telah memiliki sertifikasi," imbuh Yulius Danil.

Mantan calon walikota Pariaman ini, selain direktur yayasan juga guru di lembaga itu. Setiap hari kerja, Yulius Danil ikut mengajar 60 siswa yang menjadi murid di yayasan tersebut.

Dikatakan Yulius Danil, untuk memberangkatkan pelajar ke luar negeri dibutuhkan biaya Rp 350 juta per orang. Dana tersebut untuk saat ini masih dari kantong yayasan.

"Untuk itu kita berharap pemerintah daerah ikut mengambil peran dalam hal ini. Setidaknya kita bisa mengirimkan 30 orang pelajar kuliah ke luar negeri tiap tahunnya," harap Yulius Danil.

Pelajar yang terdaftar belajar bahasa Jepang, Inggris dan China di Yasan Padang Nihon Go Gaikun Kota Pariaman ini tidak hanya berasal dari Kota Pariaman dan kabupaten Padangpariaman, namun banyak juga dari Pasaman, Solok, Solok Selatan, Tanah Datar dan dari Provinsi Jambi.  (OLP)

×
Berita Terbaru Update