Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Puluhan tokoh Piaman Laweh bulatkan tekad dukung cucu Anas Malik - Teuku Muhammad Gadaffi

27 Oktober 2023 | 27.10.23 WIB Last Updated 2023-10-27T01:25:08Z

 


Pariaman - Pimpinan Pondok Pesantren Darul Hidayah Nagari Balai Baiak, 4 Koto Aur Malintang, Bakri Tuanku Kuniang mendoakan cucu mantan Bupati Padangpariaman (1980-1990) mendiang Kolonel Anas Malik, Teuku Muhammad Gadaffi terpilih menjadi Anggota DPR RI, Kamis (26/10).

"Kami sangat berharap sekali ada trah Anas Malik melanjutkan cita-cita almarhum. Dulu, keponakannya saja gagal, saya sangat sedih," ungkap Tuanku Kuniang merujuk Pemilu Legislatif 2019 yang diikuti salah seorang keponakan kandung Anas Malik.


Menurutnya, sudah saatnya keturunan Anas Malik diberi kesempatan mewakili aspirasi masyarakat Padangpariaman di tingkat pusat. Selain mengingat jasa Anas Malik untuk Padangpariaman, ia juga melihat sosok Gadaffi mewarisi karakter Anas Malik yang peduli kepada masyarakat dan agama dengan membangun masjid di Batu Gadang, Sungai Geringging sepuluh tahun lalu menggunakan uang pribadinya.

Bakri Tuanku Kuniang berharap ada trah Anas Malik di tingkat Pusat.

Selain itu, pada diri Caleg dari Partai Demokrat nomor urut 3 ini, Bakri Tuanku Kuniang juga melihat kesungguhan. Dia meyakini Gadaffi memiliki niat tulus mengabdi untuk kampung halamannya. Karena menurutnya, saat tidak mencaleg saja Gadaffi banyak berbuat untuk Padangpariaman, apalagi jika diberi amanah oleh masyarakat mewakili aspirasinya di Senayan (DPR RI).

"Dulu jalan-jalan di sini dibangun masa kepemimpinan Anas Malik. Saat keponakannya menjabat Ketua DPRD Padangpariaman (Faisal Arifin Rky Majo Basa) dana aspirasinya terus mengalir untuk pembangunan wilayah Padangpariaman Utara, termasuk di Balai Baiak ini," ujarnya.


Sedangkan jika Gadaffi terpilih nanti, ia berharap sekaligus berpesan agar Gadaffi melanjutkan cita-cita Anas Malik untuk memajukan kabupaten Padangpariaman. Karena Padangpariaman sangat luas, kata dia, masih banyak wilayah-wilayah terpencil yang belum memiliki jalan aspal, irigasi dan sarana prasarana sosial lainnya.

"Jika semua akses jalan di daerah terpencil sudah memadai tentu akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Rumah ibadah, fasilitas kesehatan, irigasi, ini yang vital dan perlu diperjuangkan di tingkat Pusat," ungkap Tokoh Syatariyah berpengaruh di Padangpariaman itu.


Dukungan terhadap Gadaffi untuk DPR RI juga bergema di Kota Pariaman. Lebih dari 50 orang tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan bundo kanduang menggelar doa bersama untuk Almarhum Anas Malik, Selasa Malam.

Dalam pertemuan tersebut, tokoh sepuh yang mengenal kiprah Anas Malik semasa memimpin Padangpariaman tampak haru saat mengisahkan bagaimana perjuangan Anas Malik membangun Pariaman. Tidak hanya itu, Anas Malik juga mengubah kebiasaan orang Pariaman menjadi lebih disiplin, meramaikan masjid, dan kebersihan.

Dalam silaturahmi tersebut, para tokoh mendoakan agar Gadaffi terpilih. Sebagai cucu kandung dan cucu tertua Anas Malik, mereka percaya Gadaffi juga memiliki tekad dan mewarisi sifat-sifat baik yang ada pada diri Anas Malik.

Pada Pemilu Legislatif 2024 ini, Gadaffi yang lulusan Houston University AS itu mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari daerah pemilihan (Dapil) Sumatra Barat (Sumbar 2) dengan nomor urut 3. Dapil Sumbar 2 meliputi Kota Pariaman, Padangpariaman, Pasaman, Pasaman Timur, Bukittinggi, Payakumbuh dan Limapuluh Kota.

Saat ini Gadafi rutin turun ke lapangan menjemput aspirasi masyarakat. Dia juga bangga dikenali masyarakat sebagai cucu Anas Malik - karena dia memang mengidolakan "Sang Papa Tuanya" itu - Anas Malik. (OLP)

×
Berita Terbaru Update