Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jaga tradisi, Genius minta permainan tradisional dikenalkan di sekolah-sekolah

13 September 2023 | 13.9.23 WIB Last Updated 2023-09-13T11:36:30Z


Pariaman - Memeriahkan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) 2023, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Bersama Kepala Sekolah SD se Kecamatan Pariaman Tengah gelar Lomba Permainan Tradisional di Kawasan Youth Center, GOR Rawang, Selasa (12/9).

Lomba yang dipermainkan yakni lomba Pacu Upiah (merupakan suatu permainan yang mengunakan kulit batang pinang yang diseret dengan anak-anak duduk di atasnya) dan lomba bakiak (permainan tradisional sandal panjang dari kayu dengan tiga orang pesertanya).

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan permainan tradisional mambu membangkitkan kembali gairah dari anak-anak sekaligus mengenali, mencintai dan memainkan permainan tradisional yang menjadi warisan budaya.

Terlebih lagi, kata Genius, permainan tradisional mampu merekat silaturahmi dan membentuk kekompakan para pemainnya.

Genius berharap permainan atau olahraga tradisonal Pariama  itu kembali digiatkan di sekolah-sekolah. 

"Tidak hanya ketika ada perlombaan saja dengan bentuk dan jenis permainan tradisional yang lain yang pernah berkembang di tengah masyarakat kita," kata Genius.

Saat ini, sambung Genius, permainan itu baru digelar di Kecamatan Pariaman Tengah dan berharap ke depan akan digelar untuk tingkat Kota Pariaman.

Pada kesempatan itu, Genius tak sungkan-sungkan mencoba mengikuti perlombaan Pacu Upiah dengan menarik seorang anak yang duduk di atas upiah tersebut. (Phaik)

×
Berita Terbaru Update