Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Temui kontingen Pariaman, Genius hadiri penutupan Raimuna Nasional Cibubur

21 Agustus 2023 | 21.8.23 WIB Last Updated 2023-08-21T12:00:24Z

 


Cibubur - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotejo menutup Raimuna Nasional ke XII Pramuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (20/8).

Raimuna Nasional yang berlangsung dari 14 hingga 20 Agustus 2023 itu adalah rangkaian peringatan Hari Pramuka ke-62 yang diikuti lebih dari 20.000 anggota pramuka dari seluruh Indonesia.

Acara penutupan Raimuna diawali dengan upacara tutup adat oleh Ketua Dewan Kerja Nasional (DKN) Pramuka Penegak dan Pandega, Fatkhul Manan yang diikuti oleh seluruh peserta dari seluruh Indonesia.

Mempora, Dito Ariotedjo dalam sambutannya mengatakan pramuka adalah kegiatan pemuda yang harus dijadikan dasar pedoman pembentukan karakter. Pramuka juga akan menciptakan pemuda yang berkarakter, disiplin dan cerdas.

“Sebagai anak pramuka, kita juga harus merawat harmoni persatuan dan kesatuan bangsa. Gerakan Pramuka juga bisa melahirkan pemimpin-pemimpin hebat di masa yang akan datang, sebab para pemuda yang ada di dalamnya itu merupakan pribadi yang tangguh dan agen perubahan,” kata dia.

Melalui pramuka, sambung dia, akan lahir calon pemimpin yang cerdas, bertakwa sekaligus memiliki karakter kuat. 

Gerakan pramuka menurutnya tidak bisa jalan sendiri, perlu adanya dukungan dari pemerintah dan stakeholder. Karena itu ia berharap gerakan pramuka terus maju membentuk dan menghasilkan generasi yang kuat dan pemimpin yang hebat," kata dia.

Sementara Walikota Pariaman, Genius Umar yang hadir sekaligus bertemu dan bertatap muka dengan kontingen Kwartir Cabang 16 Pramuka Kota Pariaman mengatakan banyak sifat positif yang didapat anggota pramuka, terutama dalam menempa diri menjadi pribadi yang mumpuni.

"Pramuka merupakan garda terdepan untuk mengamankan bangsa ini, karena di gerakan pramuka mereka ditempa untuk menjadi pemimpin, mempunyai kedisiplinan yang kuat dan daya juang yang tinggi," katanya di hadapan kontingen Kwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman.

Genius berharap peserta Raimuna Nasional XII dari kontingen Kota Pariaman membawa apa yang telah didapat selama mengikuti Raimuna dan dibawa pulang ke Kota Pariaman. (Juned/*)

×
Berita Terbaru Update