Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman raih penghargaan UI sebagai Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia

2 Agustus 2023 | 2.8.23 WIB Last Updated 2023-08-02T12:22:38Z

 


Pariaman - Kota Pariaman meraih penghargaan anugerah Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia dari Universitas Indonesia (UI) Green City Metric tahun 2023 di Kampus UI Depok, Selasa (1/8).

UI Green City Metric sendiri merupakan pemeringkatan kabupaten/kota di Indonesia dalam bidang keberlanjutan yang diinisasi oleh UI Green Metric.

"Alhamdulillah, hasil penilaian UI ini menyatakan Kota Pariaman sebagai kota yang paling berkelanjutan di Indonesia, dan kita berada pada  peringkat kelima, naik satu peringkat dari tahun kemaren," ujar Asisten I Setdako Pariaman, Yaminurizal usai menerima penghargaan.

Dikatakannya, Pemko Pariaman telah lama fokus menjaga lingkungan dan mengambil kebijakan berkelanjutan ekosistem lingkungan hidup.

"Dan memanfaatkannya untuk kita jadikan destinasi eco tourism, seperti Pariaman Mangrove Park, penangkaran penyu," sambungnya.

UI Green Metric, jelas dia menggunakan peran penting dari institusi perguruan tinggi untuk meningkatkan kesadaran dengan cara menilai dan membandingkan sejauh mana usaha yang dilakukan setiap daerah terhadap pembangunan yang berkelanjutan.

"Atas penghargaan ini, kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih," tuturnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar menuturkan bahwa Program Green City Kota Pariaman menerapkan pembangunan berkelanjutan dengan memperhatikan tiga aspek.

Pertama, pengembangan ekonomi, ekologi dan sosial secara berimbang dengan berbagai program  seperti ekowisata, waterfront city, tata ruang berbasis lingkungan dan daya dukung lahan, pelibatan masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan.

"Sehingga membawa para tim penilai dari UI memandang apa yang telah dilakukan oleh Kota Pariaman, adalah praktek best practice yang bisa dicontoh oleh daerah lain di Indonesia,” kata dia. (Juned/*)

×
Berita Terbaru Update