Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

100 peserta ikuti lomba menyanyikan lagu-lagu Elly Kasim

28 Agustus 2023 | 28.8.23 WIB Last Updated 2023-08-28T11:57:07Z

 


Pariaman – Mengenang 80 tahun almarhum penyanyi legendaris Minang, Elly Kasim, Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan Indo Jalito Peduli dan Gebu Minang menggelar lomba lagu-lagu Elly Kasimt di Pentas Seni Pantai Gandoriah, Sabtu (26/8). Lomba ini terbuka untuk umum.

Genius Umar mengaku bangga dengan dipilihnya Kota Pariaman sebagai tempat pelaksanaan lomba lagu Elly Kasim. Karena menurutnya secara tidak langsung juga ikut memperomosikan pariwisata dan kekayaan budaya Pariaman.

“Elly Kasim merupakan salah satu penyanyi legendaris Minang yang sangat berjasa sekali mengangkat lagu-lagu dari daerah Sumatra Barat. Sangat produktif sehingga lagu Minang bisa diterima di kancah nasional sampai internasional,” ujar Genius.

Melalui lomba lagu-lagu Elly Kasim, Genius berharap lagu-lagu minang klasik yang memiliki filosofi tinggi terus lestari dan lebih dikenal lagi oleh generasi muda Minangkabau.

Selain menggelar lomba lagu Minang Elly Kasim, Pemerintah Kota Pariaman juga memberikan penghargaan kepada Elly Kasim atas prestasi yang diraihnya selama dengan cara memberikan nama jalan Elly Kasim pada jalan non bugedter yang telah dibuka oleh Pemerintah Kota Pariaman.

Peresmian jalan Elly Kasim tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 2 September 2023 dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Genius Umar dan Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang, Oesman Sapta.

Ke depannya, kata Genius, Pemerintah Kota Pariaman bekerjasama dengan perantau akan membangun pusat seni dan teater Elly Kasim di Desa Manggung.

Lomba lagu-lagu Elly Kasim diikuti oleh 100 orang peserta yang terdiri dari 40 peserta pria dan 60 peserta wanita. 

Elly Kasim adalah penyanyi legendaris Minang kelahiran 27 September 1944 dan tutup usia pada 25 Agustus 2021. Elly Kasim mulai menyanyi sejak 1960 itu telah merilis sedikitnya 100 album solo. Lagu pertama yang dinyanyikannya saat itu berjudul "Mayang Taurai"

Semasa hidup, Elly Kasim juga pernah menyumbangkan suaranya di serial musikal Nurbaya untuk lagu berjudul "Kasiah Tak Sampai". (Desi*)

×
Berita Terbaru Update