Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Naik peringkat, Kota Pariaman raih penghargaan KLA Nindya dari Kementerian PPPA

23 Juli 2023 | 23.7.23 WIB Last Updated 2023-07-23T05:48:26Z

 


Pariaman - Kota Pariaman meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) peringkat Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) di Semarang, Sabtu (22/7).

Penghargan diserahkan langsung oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada Walikota Pariaman, Genius Umar di Hotel Asmad Semarang, Jawa Tengah.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan Pemerintah Kota Pariaman berkomitmen penuh untuk pemenuhan hak anak. Menurut dia, anak-anak harus mendapatkan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosialnya.

"Atas upaya dan komitmen yang kita bangun bersama Kota Pariaman kembali meraih penghargaan KLA dengan naik satu peringkat menjadi Nindya," ungkap Genius Umar.

Sebelum meraih kategori Nindya, tahun sebelumnya Kota Pariaman meraih penghargaan KLA kategori Madya. Penghargaan Nindya merupakan yang tertinggi diraih oleh Kota Pariaman.

"Penghargaan KLA tingkat Nindya tahun ini membuktikan terjadi peningkatan penguatan seluruh stakeholder yang ada di Kota Pariaman dalam hal pemenuhan hak dan melindungi anak-anak," ucapnya.

Komitmen pihaknya dalam pemenuhan hak perempuan dan anak, sambung dia bisa dilihat sejak penyusunan program pembangunan dan kegiatan di organisasi perangkat daerah (OPD). Mulai dari perencanaan sudah melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung pada kebijakan tersebut.

Dengan upaya yang telah dilakukan selama ini, dia berharap menjadikan Kota Pariaman melahirkan generasi-generasi tangguh dan unggul yang akan menjadi generasi penerus hingga mampu bersaing dengan anak-anak lainnya di seluruh Indonesia.

“Penghargaan ini kami jadikan pemicu meningkatkan kinerja Pemko Pariaman untuk pembangunan di segi kelayakan bagi anak, dan selanjutnya kita akan berupaya untuk dapat mendapatkan KLA tingkat Utama," tuturnya.

Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati menyampaikan apresiasi kepada penerima penghargaan kabupaten/kota Layak Anak yang tahun ini terjadi peningkatan kepada daerah penerima penghargaan.

"Ada empat hak utama anak yaitu hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak mendapatkan perlindungan dan hak partisipasi, dan daerah mesti memfasilitasi hal tersebut," ujarnya.

Penghargaan KLA diberikan kepada daerah yang berkomitmen tinggi dalam memberikan hak dan perlindungan khusus anak. KLA ada beberapa kategori, yakni Kategori Pratama, Kategori Madya, Kategori Nindya, dan kategori Utama. (Juned/*)

×
Berita Terbaru Update