Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polres dan Kodim Pariaman Turunkan Ratusan Personil Jelang Pemilu

4 Februari 2019 | 4.2.19 WIB Last Updated 2019-02-04T13:27:18Z
Ratusan personil gabungan TNI/Polri siap amankan Pemilu 2019 di wilah Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman. Foto: Nanda
Pariaman - Kepolisian Resor Pariaman dan Komando Distrik Militer 0308/Pariaman memaksimalkan fungsi intelijen sabagai upaya mendeteksi dini kemungkinan ancaman terorisme pada tahapan puncak Pemilu 2019 di wilayah Pariaman dan Padangpariaman.

Meskipun begitu, Kapolres Pariaman, AKBP Andry Kurniawan mengatakan pihaknya belum mendeteksi adanya kemungkinan ancaman terorisme pada tahapan Pemilu 2019 di wilayah hukumnya.

Meski belum terdeteksi, pihaknya tetap melakukan pengamanan secara maksimal untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan selama penyelenggaraan pemilu.

"Kita tidak beranggapan underestimate, pengamanan tetap kita lakukan secara maksimal," kata dia usai memimpin apel bersama Polres Pariaman dan Kodim 0308/Pariaman dalam pengamanan pemilu serentak 2019 di Mapolres Pariaman, Senin (4/2) pagi.

Selain personil intelijen keamanan (intelkam), pihaknya juga memaksimalkan peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk menyerap informasi adanya pihak-pihak yang dicurigai dapat menganggu kelancaran pemilu di wilayah masing-masing.

"Bhabinkamtibmas kita maksimalkan agar jika ada orang-orang yang mencurigakan dapat dilakukan tindakan kepolisian secepatnya," ulasnya.

Polres Pariaman menurunkan 230 orang personil untuk pengamanan Pemilu Serentak 2019 meliputi wilayah Kota Pariaman dan sebagian wilayah di Kabupaten Padangpariaman.

Ia juga mamastikan personil maupun logistik seperti kendaraan motor dan mobil untuk pengamanan pemilu telah disiapkan dan dalam kondisi baik.

"Kita juga memetakan kerawanan pada pemilu 2019. Secara umum masih kondusif, namun terjadi peningkatan aktivitas politik di media sosial," pungkasnya.

Hal serupa diungkapkan Dandim 0308/Pariaman, Letkol Arm Heri Pujianto. Menurutnya, situasi relatif kondusif di wilayah Kabupaten Padangpariamam. Namun, kata dia terjadi peningkatan dinamika politik seiring makin dekatnya pelaksanaan tahapan puncak pemilu 2019 pada 17 April 2019 mendatang.

"Kita juga melakukan cipta kondisi agar situasi yang kondusif ini terus berlangsung hingga selesainya tahapan pemilu 2019," kata dia.

Kodim 0308/Pariaman menurunkan dua pertiga kekuatan personil mendukung pengamanan. Jika dibutuhkan akan menambah dukungan personil dari Batalyon 133/YS atau Batalyon 131/Braja Sakti Payakumbuh.

Selain itu, pihaknya juga menginstruksikan babinsa TNI mensosialisasikan Pemilu 2019 kepada masyarakat di desa binaan masing-masing.

"Sesuai kebutuhan dan petunjuk dari Korem 032/Wirabraja," pungkasnya. (Nanda)


×
Berita Terbaru Update