Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

GMT 9 Maret, Mukhlis Ajak Masyarakat Gelar Sholat Gerhana

4 Maret 2016 | 4.3.16 WIB Last Updated 2016-03-04T07:30:16Z




Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, menghimbau kepada masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar melaksanakan sholat gerhana pada saat fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) yang akan terjadi pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang.

Himbauan itu disampaikan Mukhlis saat wirid rutin ASN Pemko Pariaman di Masjid Nurul Iman, Kampung Tarandam, Jumat, (4/3).

“Jika cuaca mendukung, sholat akan kita pusatkan di halaman Balaikota Pariaman, bagi yang berhalangan hadir bisa melaksanakan sholat di seluruh masjid yang berada di wilayah kita,” ajak dia.

Menurut dia, GMT merupakan peristiwa langka yang istimewa karena wilayah daratan yang dilalui hanya di Indonesia. Diperkirakan GMT di Pariaman sekitar 95%, dan akan terlihat sekitar pukul 07.00 s/d 07.30 WIB

"Ini merupakan bukti keagungan sang Pencipta dengan mensejajarkan posisi bumi, bulan dan matahari. Menunjukkan bukti kekuasaan yang agung diluar kemampuan manusia," ungkapnya.

Sehingga, tuntasnya, Rasulullah SAW menyunnahkan umatnya, setiap terjadi gerhana agar menadahkan muka, menghadap Allah SWT, yakni dengan mengerjakan shalat secara berjamaah sesuai hadis yang diriwayatkan Bukhari-Muslim.

TIM
×
Berita Terbaru Update