Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bupati Ali Mukhni Ajak Warga Cegah DBD dengan Gerakan PSN

14 Maret 2016 | 14.3.16 WIB Last Updated 2016-03-14T11:33:08Z



Menyikapi mewabahnya penyakit Demam Berdarah (DBD) di berbagai daerah, Bupati Padangpariaman, Ali Mukhi, meminta jajaran dinas kesehatan untuk melakukan sosialisasi dan gerakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) untuk mencegah DBD dengan menghindari terkena gigitan nyamuk yang membawa virusnya.

“Kita ketahui minggu ini ada dua orang pelajar di Kota Padang meninggal dunia akibat DBD. Kita harus antisipasi supaya kejadian serupa tidak terjadi di Padangpariaman,” kata Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas, Hendra Aswara, Senin (14/3).

Selain sosialisasi, kata Ali Mukhni, dia meminta seluruh puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan agar melibatkan camat, walinagari, bidan desa dan para kader posyandu dalam kegiatan PSN secara langsung dilakukan di seluruh wilayah Kabupaten Padangpariaman.


Gerakan PSN serentak juga melibatkan seluruh elemen masyarakat untuk memberantas sarang nyamuk dengan melakukan 3 M plus diantaranya Menguras, Menutup dan Mengubur serta Mendaur ulang/memanfaatkan barang bekas agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk Aedes Aegpty.

“Berbagai kegiatan dan langkah nyata dilakukan untuk mencegah dan memberantas DBD,” kata Ali Mukhni.

Sementara itu, Kadis Kesehatan, Aspinuddin, telah mensosialisasikan cara-cara agar masyarakat terhindar dari gigitan nyamuk  Aedes aegypti yaitu mensterilkan rumah atau lingkungan dengan penyemprotan pembasmi nyamuk (fogging), membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk abate agar jentik-jentik nyamuk mati.

Masyarakat juga diminta untuk menutup, membalik, atau menyingkirkan penampung air lainnya serta memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah biar nyamuk tidak masuk

“Sesuai perintah Bupati, kita lakukan gerakan PSN bersama masyarakat di seluruh kecamatan,” kata dia.


TIM
×
Berita Terbaru Update