Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tagana Kota Pariaman akan Dilatih Penyelamatan Dalam Laut

23 Februari 2016 | 23.2.16 WIB Last Updated 2016-02-23T12:45:19Z



Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, mengatakan bahwa Indonesia merupakan  daerah rawan bencana, hampir seluruh jenis bencana alam ada di bumi khatulistiwa ini.

"Sehingga kita harus menyiapkan kelompok masyarakat yang selalu siaga dalam menghadapi bencana," kata Genius, pada acara Pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana bertempat di Pantai Cermin, Selasa (23/2).

Tanggung jawab penanggulangan dan pencegahan bencana, kata dia juga menjadi urusan semua pihak, baik pemerintah dan masyarakat itu sendiri.

"Kita telah membuat berbagai program terkait mitigasi bencana serta persiapan dini pencegahan bencana yang telah menjadi program strategis Kota Pariaman," ucapnya.

Oleh karena itu, sebutnya, Pemantapan Satgas Tagana menjadi sangat startegis dalam konteks mempersiapkan Kota Pariaman sebagai kota tangguh bencana. 

"Kita tahu dan sadar bahwa Kota Pariaman berada di dalam zona merah, akan tetapi kita juga harus siap menghadapi situasi darurat setiap saat," ujarnya.

Selain dalam hal penanggulangan dan pencegahan bencana karena Kota Pariaman berada di kawasan pesisir pantai, kata dia, Tagana akan dilatih penyelamatan di dalam laut.

"Sehingga keahlian yang didapat semakin bervariasi dan betul-betul dapat menjadi Tagana yang tegar, professional, percaya diri dan patriotisme,” tutupnya.

Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pariaman, Afnil, mengatakan, peserta Tagana yang mengikuti kegiatan Pemantapan Satuan Tugas (Satgas) Taruna Siaga Bencana (Tagana) dalam penanggulangan dan pencegahan bencana Kota Pariaman, terdiri dari relawan sebanyak 40 orang, dengan menghadirkan narasumber dari Dinsosnaker Provinsi Sumatera Barat.

Pelatihan berlangsung selama 2 hari dari tanggal 23 s/d 24 Februari 2016 di Pantai Cermin. Afnil juga mengucapkan terima kasih kepada Dinsosnaker Provinsi Sumbar yang telah memberikan bantuan 1 unit Mobil Dapur Umum Lapangan dan 1 unit sepeda Motor Trail untuk Kota Pariaman dari Kementerian Sosial RI.

Turut hadir Kabid Bantuan dan Jaminan Sosial (Banjamsos) Irwan Basir, Kasatpol PP Kota Pariaman, Yota Balad, Kabag Humas, Hendri, Jajaran Dinas Sosnaker Kota Pariaman, dan para peserta pelatihan.

TIM
×
Berita Terbaru Update