Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Laksanakan Sholat Idul Adha, Halaman Kantor Bupati Padangpariaman Dipadati Ribuan Warga

24 September 2015 | 24.9.15 WIB Last Updated 2015-09-24T06:28:33Z


Ribuan masyarakat dan perantau beserta jajaran Aparatur Sipil Negara di Pemerintahan Kabupaten Padangpariaman laksanakan ibadah Sholat Idul Adha 1436H/2015 di Halaman Kantor Bupati di IKK Parit Malintang, Kecamatan Enam Lingkung, Kamis (24/9). 




Bertindak selaku khatib adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Padangpariaman Dr. Zainal Tuanku Mudo, S.Ag, M.Ag, dihadiri oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni, Wabup Damsuar, Sekja Jonpriadi, Kakankemenag Masrican, Unsur Forkopinda, Kepala SKPD, Camat, Wali Nagari dan PNS Pemkab Padangpariaman.

Bupati Ali Mukhni menuturkan bahwa Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya istimewa umat muslim sedunia karena dilaksanakannya dua ibadah agung yaitu ibadah haji dan ibadah qurban.

"Kedua ibadah itu disebut oleh AL Quran sebagai salah satu dari syiar-syiar Allah SWT yang harus dihormati dan diangungkan oleh hamba-hambanya," ucap bupati dalam pidato sambutannya.

Dia menambahkan bahwa idul adha banyak mengandung hikmah bagi kehidupan manusia sekarang dan masa depan (now and future). Salah satunya, kata dia adalah aspek kesepakatan antara Nabi Ibrahim AS dan anaknya Ismail (Nabi Ismail AS).

"Dimana Nabi Ibrahim atas perintah Allah untuk menyembelih anaknya dan Ismail ikhlas mengikuti ayahnya untuk disembelih. Artinya sikap rela berkorban dan sikap ikhlas dalam diri harus ditanamkan dalam sanubari," kata bupati yang dikenal religius ini.

Ali Mukhni juga mengajak seluruh masyarakat Padangpariaman baik di ranah maupun rantau agar mendoakan jamaah haji Indonesia khususnya 155 jamaah haji asal Kabupaten Padangpariaman supaya dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

"Alhamdulillah, menurut informasi kementerian agama, jamaah haji kita dari Kabupaten Padangpariaman sebanyak 155 orang ada dalam keadaaan sehat walafiat," kata Peraih Satya Lencana Pembangunan Tahun 2015 itu.

Semangat Idul Adha, tambah Ali Mukhni, juga telah tertanam pada masyarakat Padangpariaman. Tampak nyata telah banyak bentuk pengorbanan masyarakat dalam mendukung pembangunan selama lima tahun terakhir. Diantaranya mulai dari pemindahan Ibukota ke Parit Malintang, pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pelaksanaan beberapa mega proyek nasional.

"Pemerintah daerah mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang telah mengorbankan tanah atau lahannya dalam rangka pembangunan. Artinya masyarakat turut berperan aktif untuk kemajuan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di segala bidang," kata Bupati yang dijuluki Bapak Pembangunan oleh warga Padangpariaman itu.

Khatib Dr. Zainal Tuanku Mudo di kesempatan yang sama mengatakan bahwa ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang menyempurnakan nilai kemanusiaan, diantaranya qurban mengembalikan umat menjadi hamba yang bertauhid.

"Qurban meningkatkan kebersamaan dengan penuh keindahan dan penuh berkah serta qurban mengantarkan umat pada haikkat dirinya," jelas putra Lubuk Alung tersebut.

Ibadah qurban yang dilakukan umat muslim, menurut dia merupakan wujud kedekatan seorang hamba (umat manusia) dengan Sang Khalik atau Sang Pencipta.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update