Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lomba Cipta Menu Beragam Meriahkan Pariaman Expo 2015

6 Agustus 2015 | 6.8.15 WIB Last Updated 2015-08-06T13:50:49Z



Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Pariaman mengadakan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kota Pariaman setelah sebelumnya lomba serupa diadakan di tingkat Kecamatan. Lomba yang diadakan di terminal jati tersebut sekaligus untuk memeriahkan HUT RI ke-70 dan memperingati HUT Kota Pariaman ke 13, Kamis (6/8).


Walikota Pariaman Mukhlis Rahman pada kesempatan itu mengatakan, salah satu upaya untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) berkualitas adalah dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangannya. Mukhlis menyebut, konsumsi yang berkualitas dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung gizi lengkap dengan jumlah seimbang. Termasuk cita rasa, daya cerna, daya terima dan daya beli masyarakat.

"Implementasi konsumsi pangan yang memenuhi prinsip B2SA dalam keluarga bisa melalui pemilihan bahan makanan dan penyusunan menu. Jangan sering-sering mengkonsumsi makanan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan karena banyak diantaranya menggunakan bahan kimia," ungkap Mukhlis.

"Jangan hanya membuat makanan ini hanya ketika ada lomba saja. Mari terapkan dalam pola makan keluarga sehari-hari," tutupnya.


Sementara itu Kepala Ketahanan Pangan Sumatra Barat mengatakan sekarang konsumsi masyarakat kita 113 kg perkapita persatu tahun. Kalu dibiarkan terus, lanjut dia, kita bisa kekurangan pangan dikarenakan pertumbuhan masyarakat yang sangat meningkat sedangkan lahan lahan pertanian semakin habis.

"Oleh karena itu mulai dari sekarang kita coba perlahan-lahan mengganti makanan pokok kita dengan ubi kayu, ubi jalar, dan lainya," katanya.

Masih menurutnya, kegiatan lomba untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat pada umumnya dan ibu rumah tangga khususnya dalam memilih, menentukan, menyusun dan menciptakan Menu Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman berbasis bahan pangan lokal.

Dengan adanya kegiatan ini, tambahnya, diharapkan dapat lebih memasyarakatkan pada keluarga untuk mengkonsumsi dan membiasakan aneka makanan Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman untuk kebutuhan sehari-hari.

Di akhir acara panitia membacakan pemenang Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA).  Juara I pada lomba ini diraih oleh tim no 07 dari Padang Birik-Birik, Pariaman Utara, Juara II disabet oleh tim no 12 dari Desa Naras, Pariaman Utara, kemudian juara III diambil oleh tim no 09 dari Desa Sikapak Barat, Pariaman Utara.


Rza/OLP
×
Berita Terbaru Update