Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Miris.. Jembatan dan Jalan di Pucuang Anam Kondisinya Seperti Ini

23 Januari 2014 | 23.1.14 WIB Last Updated 2014-01-23T03:24:01Z




Masyarakat Korong Pucung Anam, Nagari Tandikek, Kecamatan Patamuan Kabupaten Padangpariaman butuh penyelesaian pembukaan jalan baru sepanjang 1,5 km dan jembatan sepanjang 5 meter x 3 meter. Hingga kini jalan dan jembatan sudah dapat dimanfaatkan untuk kendaraan roda yang dimulai bangun Maret 2013.
Penghulu Suku Koto Korong Pancuang Anam, Masri Azanil mengungkapkan hal itu, Kamis (23/1/2014) di lokasi jembatan yang masih terbengkalai. Menurut Masri, hingga kini jalan baru yang sudah dibangun adalah talut jalan (badan jalan) dan timbunan krekel. Kondisi jalan sudah dapat dilalui kendaraan roda dua
Hingga kini dana pembangunan berasal dari swadaya masyarakat, baik dana yang dihimpun maupun pelaksanaannya dengan bergotongroyong. Diperkirakan sudah menghabiskan biaya Rp 130 juta. Khusus penyelesaian pembangunan jembatan agar bisa dilalui kendaraan roda empat, dibutuhkan bantuan dari berbagai pihak. Masyarakat sudah lelah dan butuh bantuan baik dari pemerintahan Kabupaten Padangpariaman maupun donator lainnya.
Dikatakan, jembatan tersebut merupakan jalan satu-satunya yang menghubungkan sebagian penduduk Pucuang Anam yang berjumlah sekitar 100 KK. Selain itu, sedikitnya 100 orang yang lahan dan hasil pertaniannya melalui jembatan tersebut. “Hasil pertanian seperti padi, kelapa, palawija, durian, manggis, karet, coklat dan tempat pembibitan ikan gurami serta nila milik masyarakat setempat melewati jembatan itu. Masyarakat sangat mengharapkan jalan dan jembatan bisa dilalui kendaraan roda empat,” kata Masri.
Harapan masyarakat, kata Masri, jalan ini seharusnya dicor beton dan jembatan pun bisa dipermanenkan. Untuk itu, dana yang dibutuhkan diperkirakan hampir Rp 250 juta. Saat ini kondisi jembatan hanya dengan balok dari pohon kelapa yang kekuatannya sangat terbatas, tambah Masri. 

Armaidi Tanjung
×
Berita Terbaru Update