Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius: Jepang Dan Malaysia Kemajuannya Ditopang Sektor Pendidikan

26 Oktober 2013 | 26.10.13 WIB Last Updated 2013-11-03T12:43:33Z





Wakil Walikota Pariaman Genius Umar Melantik 17 orang pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman, Jum’at (25/10/2013)  di aula Kantor Balaikota Pariaman.  Dalam sambutannya Genius mengatakan, kemampuan untuk mengelola seluruh sumber daya sekolah menjadi lebih optimal dan mampu menghasilkan manfaat, tentunya harus ditopang oleh skill, pengetahuan dan juga sikap sebagai pimpinan yang memiliki wibawa dan pengaruh yang kuat terhadap seluruh sumber daya yang ada.

“Karena itulah kepada para guru yang menerima amanah sebagai Kepala Sekolah pada hari ini, kami sangat berharap agar masing-masing terus menambah bekal diri dengan berbagai pengetahuan agar dapat menjalankan tugas sebagai Kepala Sekolah dengan baik. Jangan pernah bosan untuk terus  belajar dan belajar lagi, sebagai bagian dari peningkatan kompetensi diri,” Cetus Genius.

Menurutnya, bahwa kualitas sekolah yang baik merupakan bagian sangat penting dalam menentukan hasil pendidikan. Pendidikan yang berkualitas adalah kunci untuk menyelesaikan segala permasalahan yang saat ini melilit bangsa. Beberapa negara yang telah lebih duhulu maju seperti Jepang atau Malaysia kemajuannya ditopang oleh keberhasilan mereka dalam memajukan sektor pendidikan.

Dikatakan, khusus untuk Kepala Sekolah, bahwa kedudukan Kepala Sekolah bukanlah sebuah jabatan struktural, karena jabatan Kepala Sekolah hanya merupakan tugas tambahan bagi setiap guru untuk mengemban amanah memimpin seluruh kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.

“Namun demikian, tetap harus disadari bahwa  tugas tambahan ini memiliki peranan yang sangat penting dan sangat menentukan maju mundurnya kinerja setiap sekolah. Kemampuan Kepala Sekolah dalam mengelola kegiatan belajar dan mengajar, akan sangat menentukan keberhasilan sebuah sekolah menyelenggarakan pendidikan bermutu,” imbuh Genius.

Itulah sebabnya, setiap Kepala Sekolah hendaknya memahami bahwa kedudukan sebagai Kepala Sekolah tak ada bedanya dengan  posisi sebagai seorang manager dalam perusahaan. Maka dia-pun harus mampu mengelola, menjalankan, dan mengarahkan seluruh sumber daya yang ada di sekolah dengan sebaik mungkin. Selanjutnya, dia harus mampu mempertanggung-jawabkan semua itu kepada penanggungjawab yang lebih tinggi serta juga kepada masyarakat.

Kepala BKD Kota Pariaman, Khaidir mengatakan, 17 pejabat yang dilantik tersebut adalah ; Salman yang sebelumnya adalah Kepala Sat Pol PP Kota Pariaman kini menjabat sebagai Kepala SMAN 6 Pariaman. Selanjutnya juga dilantik satu pejabat kepala SMPN 6 Pariaman yaitu ; Erizal, S.Pd, MM, tiga pejabat pengawas sekolah, sepuluh  kepala SD Negeri dan dua orang Kepala Taman Kanak Kanak.

Doni Sonipa


×
Berita Terbaru Update