Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ucapan = Doa

29 September 2013 | 29.9.13 WIB Last Updated 2013-09-29T14:36:38Z
 
 
 
 
Hari ini gue ga bisa tidur dengan tenang. Hello, world!!

Hal serupa terjadi, seperti setahun yang lalu ketika gue dapat kesempatan seminggu ke Jakarta buat ikut lomba pidato bahasa Jepang tingkat nasional, dan gue mewakili Sumatera Barat dan Tengah.

Itu juga adalah pengalaman pertama gue ke luar kota yang notebene naik pesawat sendirian. Walaupun orangtua dan siapapun keluarga gue ga ada yang ngelepas kepergian gue di bandara, at least masih ada temen-teman gue yang bikin kejadian hari itu ga bisa gue lupain selama-lamanya.

Nah, sama dag dig dug nya sama malam ini. Besok itu juga pengalaman pertama gue, tapi broooo, kali ini bukan sekedar ke jakarta, tapi JEPAAAAAAAAAAANGGGGG >_<

Yap, besok itu kali pertama gue ke luar negeri. Dan yang lebih wow nya lagi. Mulai dari orangtua, keluarga, teman2, semuanya ga ada yang ngelepas kepergian gue besok di bandara. Hehe, gak kok, gue ga sendiri. Ada bang John, pacar gue. Dia yang subuh nanti bakal jemput gue di rumah, nganter gue ke bandara, and thennnnnn cuuuuuuus ~ we have to say goodbyeeee...

Oke. Gue masih belum bisa tidur.
Semua kenangan terlintas di kepala gue. Mulai dari semua ekspresi orang2 yang sejak gue masuk jurusan sastra Jepang, antara ngeledek sama nanya beneran : “kapan ke Jepang nel??”. Dan gue yang selalu dengan sabar menjawab : "doakan ajalah.."
Gue juga keinget gimana orang2 ngetawain jawaban gue yang selalu sama selama 3 tahun. 
Nah, gue juga tetiba nginget impian gue waktu SMP!!!!

Begini ceritanya. Dulu waktu SMP gue punya dua teman dekat, namanya Naomi and Sylvana. Singkat cerita, mereka berdua adalah the daughter of the boss. Hidup bahagia bak barbie dalam istananya udah biasa buat mereka. Terbang terbing ke luar negeri udah jadi makanan mereka sejak kecil. Pokoknya kebanding terbalik deh sama gue.

Sylvana itu jagonya gambar di antara kami, kayak manga2 komik gitu deh. Kalau Naomi itu emang ada keturunan Jepang dari mamanya. Nah, gatau dimana ujungnya tiba2 Naomi ngajak ke Jepang. Ya cerita2 impian ngarang ala anak SMP. Gue masih ingat begini percakapannya.

N : Eh, besok kalau kita udah sukses ngumpul di Jepang yuuk.
S : Iya ndak! Pasti keren tuh! Gw nanti jadi pembuat manga gitu. Si naomi nanti jadi pembuat film gitu..
N : Ha, terus si Cornel baa nya?
(dengan melihat ketidakmampuan gue menjawab pertanyaan Naomi, Sylvana menyelamatkan gue.)
S : Bisa se nya, beko nya dapek beasiswa untuk lanjut sekolah di situ. Iya ndak Corn??
C : Hehe, iyaa...

Gue ga tau tu dua sahabat gue masih inget atau gak tentang percakapan di atas. Dulu waktu kejadian di atas, gue cuma bisa celingukan dengar setiap percakapan mereka. Ya dalam logika gue, papa mama gue dan papa mama mereka itu beda. Semua yang udah mereka lalui dari kecil sampai SMP mungkin masih just a dream buat gue. Sekalipun gue ga nunjukin muka melas tak berdaya, gue yakin mereka ngerti sejauh mana kemampuan gue. Sekalipun kadang gue illfeel dan ngerasa sirik, setidaknya at least sampai sekarang mereka masih keep in touch sama gue. Pertanda mereka masih inget kalau pernah temenan sama seorang GUE. HAHAHA XDD

Tapi gue ngerasa waw banget sekarang. Sylvana terakhir chattingan katanya sekarang lagi di beijing. Dia udah namatin d3 kuliahnya dibidang design. Naomi sekarang masih sibuk dengan tugas akhirnya, dia kuliah tentang perfilman gitu di Singapur. Walaupun gue juga ga sekolah ke Jepang, minimal gue ke Jepang juga.
Ya, perlahan-lahan, walaupun ga semuanya persis sesuai harapan, kami bertiga raih mimpi kami masing-masing ya. Bener-bener deh yang namanya ucapan bisa jadi doa. Bener-bener deh yang namanya keyakinan bisa jadi kenyataan.

Dulu mungkin gue cuma jadi penikmat. Baca-baca kisah mimpi orang lain yang jadi kenyataan. Sekalipun otak gue kadang bilang “ya itu cuma buat orang2 beruntung.” Tapi dalam hati gue selalu berharap tipis : “suatu saat pasti ada waktunya juga untuk saya seperti mereka.”


Nah, gue juga keinget sama doa gue. Gue ga inget sih sejak kapan gue mulai nih doa. Yang pasti sejak tahun 2012 deh, dan gue rasa sejak gue mulai putus asa dan ga dapat gambaran tentang kapan gue ke Jepang deh? o.O

Tapi sebelumnya cerita ini ga ada niat buat nonjolin agama gue atau gimana2 ya. Open mind dan take the positive think aja. Nilai yang gue ceritain sifatnya universal kok.

Inti cerita gini, yang namanya misa di Katolik, ada waktu dimana namanya Doa Umat. Nah waktu doa tersebut ada waktu dimana kita boleh nyampein doa2 ujud pribadi kita. Dan setiap minggu setiap gue ke gereja, gue ga peduli siapa2 deh, yang penting doa pribadi gue adalah : Ya Tuhan, buatlah aku pergi ke Jepang tahun 2013 besok Tuhan, tanpa memberatkan kedua orangtuaku. Ikhlaskanlah hati dan pikiran kedua orangtuaku untuk melepaskan kepergianku nanti Tuhan. Amin.

Doa itu tiap minggu gue bacain, sampai tahun 2013, doanya berubah jadi : Ya Tuhan, buatlah aku pergi ke Jepang tahun 2013 ini Tuhan, tanpa memberatkan kedua orangtuaku. Ikhlaskanlah hati dan pikiran kedua orangtuaku untuk melepaskan kepergianku nanti Tuhan. Amin.

Dan doa itu juga gue bacain di make a wish nya ulang tahun gue yang ke 20 kemarin. Kebetulan gue dapat 3 kue tart tahun ini, pertama dari sobat karib gue di kampus (fitri, cici, lailul, kak ici, dewi), kedua dari sobat karib gue di PMKRI (nela, fida, kak dika, kak kristin, monic), ketiga dari mama gue. Dan di ketiga kue itu, gue ucapin make a wish yang sama : Tuhan, ijinkanlah aku ke Jepang tahun 2013 ini Tuhan. Amin.

And WHAT?! Doa gue kekabul. Ga salah lagi, setelah gue dapat info gue beneran bakal ke Jepang, hampir setiap hari gue bersyukur yang tiada hentinya dengan rasa bahagia memuncak. Bukan berarti sebelumnya gue ga ada bersyukur sama Tuhan loh. Tapi ya lo ngertilah, rasanya tu gimanaaaa gituuu >_<

Hmm, buat teman2 yang baca, yang kalau hal pertama yang lo pikir tentang cerita gue ini adalah “LEBAY”, maka gue pastiin lo adalah remaja yang hidup dengan fasilitas serba ada. Atau gue pastiin lo remaja yang hidup tanpa mimpi. Gue ga nyalahin lo juga kok, wajar aja kok, karena cerita gue ini emang lebih ditujuin buat teman2 yang ngerasa ga punya harapan, yang ngerasa selalu berteman sama kegagalan. Hello!! This is real, Sob!! Gue buktiin gue bisa!!

Dan gue harap lo yang sebelumnya ngerasa GA BISA, udah ngerasa BISA sekarang!! ^_^

Hmm, udah jam 1 subuh aja nih >_< oke deh, gue mesti maksain mata buat tidur nih, ga lucu kan kalau nanti gue ketiduran terus ketinggalan pesawat ke Jepangnya? HAHA :D

Catatan Cornelia Napitupulu
×
Berita Terbaru Update