Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

kepala bpbd sumbar , percepat pembangunan infrastruktur jalur evakuasi kota dan kab pd pariaman

1 Mei 2012 | 1.5.12 WIB Last Updated 2012-05-01T11:54:51Z


                                     KEPALA BPBD SUMBAR yazid fadli


rapat paripurna senin 30 april 2012 adalah paripurna pertama dprd sumbar sehabis reses. hal itu saya sempatkan datang melihat, mengamati dan mewawancarai kepala bpbd sumbar. pak gubernur dan ketua dprd sumbar. saya yang berdomisili dikota pariaman tentu saja memantau dan tentunya meliput berita yang berhubungan dengan pariaman, karena saya langsung berada diruang sidang bersama wartawan2 lain ada yang dari media tv dan nasional, saya lebih memilih duduk berselonjor dikarpet paling belakang bersama khalid wartawan media padang today. kami sempat membahas materi pokok paripurna tersebut sambil mendengarkan para anggota dewan yang mewakili aspirasi dapilnya diparipurna ini. sangat saya sayangkan sekali pidato penyampaian salah seorang anggota dewan.jelas sekali dia membaca teks,seperti orang membaca buku saya dengar dia. sama sekali tidak menarik minat saya dan kalid yang duduk dipojok.







                                          SUASANA RUANG PARIPURNA


rapat jeda pada pukul 12.30 kalau saya tidak salah ingat. yang paling dahulu saya kejar adalah kepala bpbd sumbar bapak yazid fadli.kenapa bukan gubernur dan ketua dprd? karena saya ingin mengetahui secara teknis langkah2 apa saja yang telah mereka lakukan terhadap siaga bencana gempa. kalau saya wawancarai gubernur tentunya jawabannya formalis. saya bertanya bagaimana dengan pembangunan insfrastruktur jalur evakuasi kota pariaman dan kabupaten pd. pariaman. dan sinergi kepolisian , ormas dan bpbd didua daerah tersebut. beliau menerangkan dalam hal pembangunan infrastruktur akan sangat dipercepat di kota dan kab pd pariaman, beliau juga menghimbau kepada masyarakat piaman agar tidak cemas dan tetap waspada dikarenakan letak geografis daerah kita yang memang rawan gempa.ketika saya bertanya langsung " menurut saya polisi selain pelindung diwilayah resornya namun juga ada tambahan pokoknya yang tak bisa terelakan bila wilayah resor geografisnya rawan gempa dan apa langkah2 bapak untuk mensinergiskan bnpb dengan kepolisian resor kota dan kab pd pariaman?"dia agak gugup menjawabnya,namun dengan cepat pula dia bisa mengatasi dengan mengatakan hal ini akan lebih kita tingkatkan untuk kedepannya dan bla bla... 


saya langsung pula menyimak rekan2 wartawan dari media yang mewawancarai gubernur irwan prayitno. disini saya lihat bapak gubernur dengan sigap dan lihai menjaga intonasi gaya bicaranya menjawab setiap pertanyaan wartawan yang silih berganti. dia memang orang pintar dalam berkomunikasi dan tentunya dia paham betul dengan setiap materi yang ditanyakan rekan2 pers kepadanya.beralih pula saya ke ketua dprd sumbar ir.yulteknil . disini banyak wartawan tertawa2 dibuatnya. selain lugas menjawab beliau juga menyelingi dengan humor khas minangkabau. saya juga ikut tertawa pula.. dia muda pintar pula!






kesimpulan yang saya petik dari liputan langsung ini adalah pemprov sumbar sedang giat2nya membuat program khususnya dalam hal zona mitigasi gempa wilayah sumbar. dan mengharapkan pemko dan pemkab lebih proaktif lagi mengenai hal ini. disamping menenangkan warganya ,tentu juga mensosialisasikan jalur2 evakuasi. dan meminta masyarakat sumbar tak perlu cemas, namun tetap waspada karena memang letak geografis daerah kita memang rawan gempa. dan menghimbau masyarakat jangan panik, karena pemprov melalui pemko dan pemkab akan memberikan penyuluhaan teknis kepada masyarakat . dan tidak lupa segala sesuatunya tak terlepas dari kehendak YANG DIATAS. itu yang bisa saya simpulkan dari liputan singkat saya dirapat paripurna senin kemaren. kita tunggu realisasinya! 

oyong liza piliang
×
Berita Terbaru Update